12 November 2009

Doraemon Dicatut Pembuat Virus Lokal

Kartun lucu Doraemon, Sinchan dan Tom & Jerry dicatut pembuat virus lokal. Waspadailah program jahat yang menyamar sebagai file video film-film tersebut.

Sebuah program jahat buatan Indonesia kembali terdeteksi oleh Vaksincom. Seperti disebutkan dalam siaran pers yang diterima detikINET, Selasa (5/8/2008), virus tersebut menyamar sebagai film kartun dengan icon Real Media Player.

Virus yang menyebar lewat USB Flashdrive dan media penyimpanan portabel lainnya itu berada dalam sebuah folder bernama 'pilem lutchu'. Di dalamnya akan ada tiga file virus dengan nama 'Doraemon-Pistol Perubah Tubuh Sebagian.rm.exe', 'Sinchan-Menginap Di Sekolah.rm.exe' dan 'TOM & JERRY 2.rm.exe'.

Menurut Vaksincom, virus dengan nama W32/VBWorm.PEC meninggalkan pesan pada My Computer dengan mengubah 'support information' dari System Properties di My Computer. Selain itu, pada Drive C, virus itu akan meninggalkan file 'THE ROAD TO SYUHADA'.

Komputer yang terinfeksi virus ini akan kehilangan beberapa fungsi windows seperti System Configuration Utility (MSConfig), Folder Options, dan System Restore. Virus juga berupaya mematikan fungsi Windows seperti Task Manager, Registry Editor dan Command Prompt.

Beberapa program pengganti Task Manager seperti Security TaskManager, CurrProcess, ProceXP dan lainnya juga menjadi sasaran virus ini. "Dari aksinya ini terlihat bahwa pembuat virus lokal rupanya juga mengamati tools apa saja yang sering digunakan komunitas IT Indonesia dalam membasmi virus," sebut Vaksincom.

Sudah Membaca Artikel Lainnya

By :
Free Blog Templates